Tuesday, February 3, 2015

Kamu Tau Nggak Sampah Apa yang Bisa Di Daur Ulang?





Sampah udah banyak sekali di bumi ini salah satu produsen penghasil sampah terbesar adalah rumah tangga. Demi mengatasi hal tersebut, muncul beberapa gerakan untuk mengurangi jumlah sampah di dunia seperti Komunitas Daur Ulang, Jakarta Green Monster dan lainnya.

Nah, kamu sendiri tau nggak apa itu daur ulang? Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi,kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. 

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse,Recycle, and Replace). 
193553 pengolahan daur ulang sampah 663 382 jpg

193553 pengolahan daur ulang sampah 663 382 jpg

Lantas material sampah apa aja yang bisa kamu daur ulang nih? Kaca, plastik, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meski mirip cara membuatnya seperti membuat kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. 
Daur ulang lebih difokusin sama sampah yang aslinya itu gak bisa didegradasi secara alami oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan.  Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemprosesan material baru untuk proses produksi. 
Selain diyakini bisa mengurangi jumlah sampah, proses daur ulang juga punya kelebihan lainnya yang wajib kamu ketahui. Misalnya aja, proses daur ulang alumunium dapat menghemat 95 persen energy dan mengurangi polusi udara sebanyak 95 persen loh. Sedangkan untuk limbah plastik, banyak orang yang juga merubahnya menjadi barang yang berguna serta memiliki value seperti halnya beberapa kerajinan tangan yang dibuat dari sampah plastik.  

Jadi kalau kamu memang ngerasa bisa ngedaur ulang sampah khususnya sampah plastik di rumah kamu jadi lebih bermanfaat lagi, kenapa gak kamu cobain aja. Siapa tau bisa menghasilkan sebuah keuntungan. Ingat, selama kita bisa kreatif apapun bisa dijadikan barang yang bermanfaat dan bernilai.  

Sumber: MINDTALK.COM

0 comments:

Post a Comment

Followers

 

CREATIVE PLEMENT. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com